Rabu, 08 Desember 2010

Gen Penyebab 130 Penyakit Otak

Headline

Ilmuwan berhasil mendeteksi sekelompok protein pada otak yang berpengaruh terhadap perkembangan 130 penyakit otak. Ini terkait evolusi perilaku manusia.

Studi ini juga menampilkan hubungan yang mengejutkan antara penyakit syaraf seperti Alzheimer dan Parkinson, terhadap evolusi perilaku. Otak manusia pada dasarnya merupakan sebuah labirin yang terdiri dari jutaan sel saraf khusus, terhubung dengan miliaran arus listrik dan kimia yang disebut sinapsis.

Sinapsis mengandung protein yang membentuk mesin molekuler yang dikenal sebagai post-synaptic density (PSD), Ini dipercaya mengganggu fungsi sinapsis sehingga menyebabkan perubahan dan penyakit perilaku.

Berdasarkan laporan dari jurnal Nature Neuroscience, Seth Grant dari Wellcome Trust Sanger Institute, Inggris, berhasil mengekstraksi PSD dari sinapsis pasien yang menjalani operasi otak.

Kami menemukan sekitar 130 penyakit otak yang berhubungan dengan PSD. Ini jauh lebih banyak dari perkiraaan, ujar Grant. PSD manusia merupakan titik pusat dari penyakit manusia yang berdampak pada jutaan orang.

Selain gangguan saraf umum, PSD juga terkait dengan penyakit epilepsi dan autisme. PSD diidentifikasi sejauh ini berasal dari gabungan 1.461 protein yang berasal dari gen terpisah.

Gangguan dan penyakit otak merupakan penyebab masalah medis terbesar di negara berkembang, menurut keterangan Badan Kesehatan Dunia (WHO) PBB.

0 Komentar:

Posting Komentar