Sabtu, 04 Desember 2010

Cara Menyikat Gigi yang baik Agar Tidak Ompong Masa Tua

 http://3.bp.blogspot.com/_FzOZRiDFuDs/S_gBtAuM6XI/AAAAAAAAAR8/aFTyGmF53Oo/s1600/manfaat-sikat-gigi.jpg
Tak ingin ompong di usia muda? Sebaiknya kamu perlu merawat gigi sejak dini, dengan cara yang benar. Meski menyikat gigi hal yang mudah, namun seringkali kita salah teknik saat menyikat gigi. Bukannya baik, bisa-bisa gigi malah jadi rusak, dan gusi meradang.
Perlu diketahui juga, harga gigi pasangan yang permanen atau biasa disebut implan, sangat mahal. Harga per gigi nya saja yang paling murah sekitar 8 juta rupiah. Nah karena itu, mari menyikat gigi dengan benar.
Teknik menyikat gigi:
  • Gunakan sikat gigi dengan ukuran yang tepat (lebih kecil lebih baik) dengan bulu sikat yang halus.
  • Untuk gigi deretan depan dan samping, letakkan kepala sikat gigi membentuk sudut 45 derajat terhadap permukaan gigi. Letakkan ujung bulu sikat pada daerah di bawah gusi.
  • Untuk gigi deratan atas (geraham bawah dan atas), gerakkan ke arah luar dengan gerakan hati-hati sehingga plak yang mengumpul pada daerah di bawah gusi dapat dihilangkan.
  • Yakini apakah sudah benar-benar ke arah luar, sisi lidah dan permukaan kunyah dari gigi-gigi.
  • Untuk gigi depan bagian dalam, lakukan penyikatan bagian dalam rahang atas dan rahang bawah dengan gerakan vertikal mengungkit ke arah luar beberapa kali di atas permukaan gusi dan gigi.
  • Sikat juga bagian lidah untuk menghilangkan kotoran dan bakteri penyebab bau mulut.
  • Tuntaskan menyikat gigi dengan berkumur secukupnya.
Selain menyikat gigi, periksakan gigi kamu ke dokter setiap 6 bulan sekali untuk membersihkan plak dan kotoran-kotoran yang menempel. Gigi yang sudah berlubang, akan lebih membutuhkan waktu yang lama untuk diobati, serta biaya yang tidak murah pula.

Sumber: www.tanyapepsodent.com

0 Komentar:

Posting Komentar