Rabu, 12 Januari 2011

Teleskop Hubble Ungkap Misteri Gumpalan Hijau

 Headline
Untuk pertama kali, teleskop luar angkasa Hubble berhasil mengintip gumpalan hijau misterius raksasa di luar angkasa. Anehnya, objek tersebut ‘hidup’.

Gumpalan hijau bersinar aneh ini dapat melahirkan bintang baru dalan kurun beberapa juta tahun di daerah-daerah terpencil di alam semesta. Padahal, ilmuwan mengira bahwa bintang-bintang tidak dapat terbentuk di tempat tersebut.

Gumpalan gas aneh bernama Hanny’s Voorwep ini pertama kali ditemukan oleh seorang guru asal Belanda pada 2007. NASA merilis foto Hubble itu di pertemuan Komunitas Astronomi Amerika Serikat, Seattle.
Bagian dari gumpalah hijau yang hancur akan menghasilkan tekanan yang menciptakan bintang baru. Namun pertumbuhan bintang muncul di luar galaksi normal, kawasan di mana tampak ratusan bintang.

"Ini membuat bintang yang baru lahir sangat kesepian di alam semesta," kata Bill Keel, astronom di University of Alabama, Amerika Serikat.

Gumpalan ini memiliki ukuran yang hampir sama dengan galaksi Bima Sakti dengan jarak setidaknya 650 juta tahun cahaya. Objek itu sebagian besar terdiri dari gas hidrogen yang berputar dan berada di sekitar dua galaksi.

Gumpalan ini bersinar karena mendapat cahaya dari quasar yang terletak di salah satu galaksi. Quasar adalah objek terang yang berisi energi aktif dari lubang hitam.

0 Komentar:

Posting Komentar