Senin, 17 Januari 2011

Lorong Bawah Tanah Penghubung Tiga Wilayah

 Headline

Gambar menakjubkan itu menggambarkan ekspedisi Inggris di kawasan yang belum pernah tersentuh. Lorong itu penghubung alami tiga wilayah di bawah tanah.

Dengan menggali 300 kaki di bawah permukaan tanah, peneliti Inggris menemukan lorong yang menghubungkan Lancashire, Yorkshire dan Cumbria. Di kawasan Boxhead Pot hingga Leck Feel, Tim Allen dan petualang lainnya berhasil menemukan setidaknya 30 pintu masuk dan jalur 70 mil di bagian bawah wilayah utara Inggris.

Untuk pertama kali sejak penemuan gua di bawah Boxhead Pot pada 1985, peneliti Inggris berhasil memanfaatkan teknik modern untuk menggali lebih jauh. Mereka juga berhasil memanfaatkan jalur air alamiah di bawah tanah untuk menyingkirkan lumpur. Penghalang itu dipercaya menyembunyikan jalur antara Boxhead dan Notts Pto.

Tim bekerja dengan 10 bar tekanan atmosfer. Ini berarti mereka menyalurkan air sungai dengan cara sederhana, menekan air tersebut untuk mengumpulkan lumpur kemudian menyingkirkan materi penghalang itu.
“Air berhasil membentuk gua-gua itu dan sekarang, kami memanfaatkan air untuk menggali bagian lorong,” ujar insinyur Geoff Yeadon, 60 tahun, Cumbria, Inggris.

Bagi para pengamat gua, penemuan ini sangat menarik karena menampilkan labirin baru yang belum pernah disadari sebelumnya.

2 Komentar:

Rizky2009 mengatakan... (Reply)

hebat para ilmuan menemukan hal2 yang luar biasa di bumi, salam kenal sob sekalian aq follow, follow balik yah

Krisna mengatakan... (Reply)

@Rizky2009

iya, ilmuwan sekarang emang gak ada abisnya menemukan hal2 yg baru dan keren,, makasih sob udah comment n follow, akan sgera aku follback..

Posting Komentar