Senin, 03 Januari 2011

Ditemukan, Sistem Bintang yang Mirip Bilyar

Headline

Baru-baru ini, astronom menemukan sistem bintang baru. Sistem bintang ini menyerupai bola sodok atau bilyar.

Sebagai bagian tim internasional, peneliti dari University of Warwick dan University of Sheffield membantu menemukan sistem bintang mirip bilyar ini. Tim menemukan sistem ini melalui observasi dan analisa dari data kamera ilmuwan Inggris, ULTRACAM.

Peneliti mengamati sistem bintang biner yang jaraknya 1,670 juta tahun cahaya dari Bumi itu. Sistem ini terdiri dari dua bintang (red dwarf dan white dwarf) yang mengorbit satu sama lain dengan jarak yang dekat sekali.

Analisa lebih lanjut Warwick dan Sheffield memastikan dua gas masif planet ini termasuk dalam sistem. Secara keseluruhan, hal ini membuat anggota tim riset Inggris melihatnya seolah seperti permainan bilyar.

Dua gas raksasa ini memiliki massa berbeda, namun sebenarnya memiliki ukuran yang sama, dan faktanya ukurannya memang sama dengan bintang kerdil merah, kata Profesor Tom Marsh dari Jurusan Geologi University of Warwick.

"Jika kita mengikuti pola yang kita lihat pada sistem bintang gas raksasa yang didominasi warna kuning atau biru itu, sulit mengatakan sistem itu tak mirip bilyar raksasa," tambahnya.

Dalam bilyar, bintang white dwarf mungkin yang paling menderita. Selain itu, bintang inilah yang menyebabkan perubahan pada orbitnya sendiri dan orbit semua planet serta bintang di sistem itu, kata peneliti.

0 Komentar:

Posting Komentar