Rabu, 12 Januari 2011

Dinosaurus Pemakan Daging Pertama di Dunia

  Headline

Fosil dinosaurus kecil lincah dari awal kemunculan dinosaurus di Bumi ditemukan di Argentina. Fosil ini berada dalam batu berusia 230 juta tahun.

Ilmuwan mengatakan makhluk ini setinggi anak tujuh tahun, namun lebih berat dari kucing rumahan. Dinosaurus ini dijuluki Eodromaeus atau ‘pelari fajar’ dan berkelompok dengan Eoraptor. Satu perbedaan penting dinosaurus ini adalah, satu makan tanaman dan lainnya makan daging.

"Dengan jarak 20 kaki (6 meter) dari Anda, terdapat dua kemungkinan. Hewan ini pergi atau mengoyak kaki Anda?" kata anggota tim dan paleontolog University of Chicago Paul Sereno. Namun, masing-masing dinosaurus sebenarnya berasal dari cabang terpisah evolusi dinosaurus.

“Tak mengkin melihat dan menyadari keturunan terhebat salah satu dinosaurus menghasilkan tyrannosaur, dan lainnya Diplodocus pemakan tanaman,” ujar Sereno.

Selain Eodromaeus, peneliti menemukan kekayaan fosil Argentina lain yang memberi petunjuk bagaimana dinosaurus paling awal berevolusi dan seperti apa lingkungannya.

Semuanya berasal dari Lembah Bulan di Argentina timur laut dan terkubur tempat bernama Ischigualasto. "Tempat itu merupakan kuburan menakjubkan berisi dinosaurus awal," ujar Sereno. "Kita tak punya banyak tempat-tempat seperti ini."

0 Komentar:

Posting Komentar