Sabtu, 01 Januari 2011

Tahun 2010, Tahun Emas Eksplorasi Ruang Angkasa

Headline
Pada 2010 ini merupakan tahun yang sangat menarik bagi perkembangan sains. Inilah perkembangan-perkembangan yang terjadi selama 2010.
Di bidang fisika, tahun ini Large Hadron Collider tercipta. Alat ini mampu membuat ion berada dalam kecepatan cahaya dengan suhu yang sama setelah terjadinya Big Bang atau proses terciptanya alam semesta. Sehingga dapat diketahui seperti apa semesta pada awal terbentuk. Eksperimen ini berhasil mendapatkan kemenangan dalam majalah sains sebagai Breaktrough of the Year.
Untuk di bidang kesehatan pertama kalinya Inggris melakukan pengobatan berdasarkan cangkok sel embrio. Peneliti mengatakan, “Hal ini menandai masa cangkok sel”. Pengobatan ini dilakukan pada pasien pengidap kanker payudara. Hasilnya kanker menjadi “lebih dapat diatur”.
Sementara tahun ini merupakan tahun ET. Pada September, astronom mengklaim 100% ada kehidupan di Gliese 581g. Pada bulan ini, rumor bentuk kehidupan baru di planet bumi marak di internet.
Kemudian, Profesor Steven Vogt dari University of California yang membuat pernyataan 100% itu menyatakan tak ada kehidupan di Gliese 581g. Namun, planet serupa bumi terus ditemukan.
Terobosan juga terjadi di bidang biologi. Ahli biologi kontroversial Craig Venter menciptakan bentuk kehidupan sintetis di laboratoriumnya. ‘Synthia’ diciptakan menggunakan genom genitalium Mycoplasma.
Venter dan tim mengubah DNA menggunakan komputer dan mengambil 100 gen serta menambahkan ‘watermark’. Sejauh ini, mereka hanya menggunakan spesies terancam punah, namun teknik ini berhasil sempurna. Akankah kita bisa melihat dinosaurus velociraptor?
Namun tahun ini merupakan tahun yang buruk bagi pseudosains. Kasus fitnah British Chiropractic Association melawan Simon Singh, penulis yang menyebut pengobatan mereka ‘palsu’, gagal saat naik banding. Selain itu, Andrew Wakefield, dokter jantung MMR, dituntut General Medical Council atas perilaku tak etis.
Selain kehebohan skandal ‘Climategate’, berita buruk terus bergulir di bidang lingkungan. Laporan Royal Society and Zoological Society of London menunjukkan satu dari lima spesies vertebrata terancam punah. Lautan terus mengasam dan menghancurkan sistem terumbu serta populasi ikan mati.
Mungkin Anda tak menyadari, namun di 2010 adalah masa emas bagi eksplorasi ruang angkasa. Ikaros, pesawat ruang angkasa bertenaga layar pertama, diluncurkan Jepang pada Mei ke Matahari.
Saat Teleskop luar angkasa Hubble masuk usia 20, NASA merilis gambar luar biasa Nebula Carina. Teleskop baru, Planck juga berhasil menangkap gambar pertama semesta.
Sementara Voyager 1 yang diluncurkan pada 1977 masih menjalankan misinya dengan kuat. Satelit ini menjadi obyek buatan manusia pertama yang mencapai tepi tata surya.

0 Komentar:

Posting Komentar