Jumat, 24 Desember 2010

Satelit Zombie Tiba-tiba Hidup Kembali

 Headline
Setelah kerusakan tak terjelaskan di luar angkasa pada awal tahun, satelit zombie tiba-tiba hidup kembali.
“Fase terkritis pemulihan Galaxy 15 telah selesai,” kata pejabat Intelsat (penyedia komunikasi pemilik satelit) menanggapi kebangkitan satelit itu. Pada April, Galaxy 15 kehilangan kontak dari pusat kontrol penerbangan.
Namun mengejutkannya, siaran satelit telekomunikasi ini terus berjalan di mana Intelsat tak bisa mengontrolnya. Bulan berikutnya, Intelsat melakukan penelitian pada satelit itu guna memastikan layanan komunikasi (termasuk siaran TV) mereka tak terganggu Galaxy 15.
Kini, satelit Galaxy 15 kembali dapat menerima perintah dari Bumi, bahkan ada kemungkinan satelit ini berfungsi kembali.
“Setelah uji diagnosa awal pada Galaxy 15, kami berharap satelit itu akan dipindah ke lokasi yang lebih layak serta melakukan uji orbit guna memastikan setiap fungsi di setiap aspek satelit,” kata pejabat Intelsat.
Galaxy 15 diluncurkan pada 13 Oktober 2005 menggunakan roket Ariane Eropa. Awalnya, satelit ini dirancang untuk beroperasi hingga 2020, namun potensi layanannya akan ditinjau ulang ketika satelit itu benar-benar pulih kembali.

0 Komentar:

Posting Komentar