Rabu, 22 Desember 2010

Ilmuwan Berhasil Membuat Tikus yang Bersuara Burung

Headline

Tim dari University of Osaka berhasil menciptakan seekor hewan baru dalam proyek Evolved Mouse Project. Ilmuwan membuat tikus bersuara burung.

Para ilmuwan berhasil menciptakan seekor tikus yang mampu ‘bernyanyi’ seperti burung. Seperti dikutip Telegraph, ilmuwan menggunakan anak tikus rekayasa genetik yang berpotensi mengalami mutasi.

“Mutasi merupakan kekuatan pendorong evolusi. Kami melakukan persilangan tikus rekayasa genetik untuk melihat apa yang akan terjadi selanjutnya,” kata ketua tim peneliti Arikuni Uchimura.

“Kami periksa tikus yang baru lahir satu per satu, dan suatu hari kami menemukan seekor tikus yang bernyanyi seperti burung,” katanya. Uchimura menegaskan tikus itu lahir setelah mengalami rekayasa genetik dan karakter itu diteruskan pada generasi selanjutnya.

Ilmuwan mengaku terkejut akan hal tersebut. Pasalnya, mereka mengharapkan tikus memiliki bentuk fisik berbeda. Pusat penelitian yang dikepalai profesor University of Osaka Takeshi Yagi mengaku memiliki lebih dari 100 ‘tikus bernyanyi’ yang akan diberdayakan lebih lanjut.

“Subyek tikus lebih baik daripada burung, karena tikus merupakan mamalia dan lebih dekat dengan manusia, terkait struktur otak dan aspek biologis lainnya,” kata Uchimura.

0 Komentar:

Posting Komentar