Rabu, 20 Oktober 2010

Mahluk Lain Yang Telah Terlupakan

Alam gaib selalu menyimpan misteri,karena orang selalu tertarik & penasaran ketika ada sedikit ‘tirai’ yang tersingkap, selama ini mahluk gaib yang di perbincangkan adalah Jin dan Setan, karena kedua mahluk ini memiliki kebiasaan mengoda dan menyesatkan manusia.Orang lalu penasaran untuk mengetahui lebih dalam ihwal keberadaan mereka.

Selain Jin dan setan,sebenarnya ada mahluk gaib yang sebenarnya hidup di sekitar kita,selalu menyapa kita,dan bahkan senantiasa menyertai kita dalam melakukan segala hal,baik itu yag buruk maupun yang baik, tapi sayang kita semua hampir melupakan mahluk gaib yang satu ini,dialah mahluk yang di sebut Malaikat.
Memang mahluk ini tidak banyak ‘berulah’ sebagaimana setan atau jin,karena Ia di ciptakan Allah justru untuk membantu manusia berlaku taat kepada Tuhan.
Sebagai seorang muslim kita tidak seharusnya melupakan mahluk yang satu ini,karena dalam rukun iman terdapat salah satunya adalah Beriman Kepada Malaikat.
Beriman kepada Malaikat merupakan salah satu pondasi akidah.Keimanan kita tidak akan sempurna tanpa di sertai keimanan kita kepada Malaikat.
Malaikat merupakan bagian dari alam gaib,dimana Allah Swt memberikan pujian kepada orang-orang yang mengimaniNya,karena hal itu merupakan suatu bentuk pembenaran terhadap berita yang datang dari Allah Swt dan sekaligus juga pembenaran terhadap berita yang datang dari rosulNya.
Di sini akan sedikit saya bahas tentang sifat penciptaan Malaikat,nama beserta tugasnya :
Materi Penciptaan Malaikat
Dari hadist yang di riwayatkan oleh Aisyah r.a binti Abu Bakar r.a dari ayahnya sendiri di sebutkan bahwa Rosulullah SAW menceritakan kepada kita,bahwa materi yang digunakan Allah untuk menciptakan malaikat adalah Nur(cahaya).
Rosulullah bersabda :
“Malaikat itu di ciptakan dari cahaya,jin d ciptakan dari nyala api,sedangkan Adam di ciptakan dari apa yang telah di gambarkan kepada kalian”.(HR.Muslim).
Mungkin ada yang bertanya, tentang jenis cahaya yg di gunakan untuk menciptakan Malaikat
Di sini Rosulullah SAW,tidak menyebutkan kepada kita jenis cahaya yang di gunakan untuk menciptakan malaikat,oleh karena itu kita tidak bisa menyelami lebih jauh lagi persoalan ini secara detail.Hal ini termasuk persoalan gaib,dan tidak ada hadist yang memberikan penjelasan lebih banyak lagi dari hadist tersebut di atas.
Kapan Malaikat di Ciptakan
Kita tidak mengetahui kapan malaikat di ciptakan,karena Allah SWT tidak memberitahukan hal itu.Namun kita mengetahui bahwa mereka di ciptakan lebih dahulu dari penciptaan Adam moyang manusia.Allah SWT memberitahukan kepada kita bahwa Ia telah mengumumkan kepada para malaikat bahwa Ia akan menjadikan seorang khalifah di muka bumi.
Allah SWT berfirman :
“Dan (ingatlah)ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat ‘Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”(Al-Baqorah:30).
Yang di maksud khalifah di sini adalah Adam AS,dan Allah menyuruh mereka agar bersujud kepadanya ketika Allah menciptakannya.
“Maka apabila Aku telah menyempurnakannya dan telah meniupkan kedalamnya ruh(ciptaan)Ku,maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud(menghormat)”.(Al-Hijr:29)
Nama beserta Tugas Malaikat
Sesungguhnya jumlah,nama dan tugas malaikat tidak ada yang mengetahui kecuali Dzat yang meciptakannya.
“Dan tidak ada yang mengetahui tentara Tuhanmu melainkan Dia”.(Al-Mudatsir:31)
Di sini saya akan coba mengingatkan kembali beberapa nama dan tugas para malaikat,yang mungkin telah di ajarkn kepada kita waktu kita ngaji/skul,di antaranya :
  1. Malaikat Jibril bertugas Menyampaikan wahyu
  2. Malaikat Isrofil bertugas meniup sangkakala saat kebagkitan manusia
  3. Malaikat Malik bertugas sebagai penjaga/pengawas neraka
  4. Malaikat Ridwan bertugas menjaga Surga
  5. Malaikat Munkar & Nakir bertugas sebagai penjaga kubur
  6. Malaikat Izrail bertugas sebagai pencabut nyawa
  7. Malaikat Raqid Atid bertugas sebagai pencatat amal perbuatan manusia.
Dari uraian di atas dapat simpulkan bahwa sesunguhnya di sekitar kita masih ada mahluk gaib selain Jin & Setan yaitu Malaikat.
Mari kita pertebal iman kita dengan selalu mengingat adanya Malaikat di sekitar kita yg selalu mengawasi tingkah laku kita serta membimbing kita untuk taat kepada Allah SWT.

0 Komentar:

Posting Komentar