Senin, 16 Agustus 2010

Memperbaiki Flashdisk yang Write Protected atau Tidak dapat di Format


Flashdisk temen-temen gak bisa di format, atau muncul tulisan Write Protected. Temen-temen cari caranya di internet hasilnya sama yaitu dengan cara mencabut dan memasang kembali flashdisk secara terus menerus. Dan cara itu tidak berhasil, bahkan banyak yang menyarankan di buang aja flashdisknya coz gak mungkin di perbaiki. Itu sih cara kasar. Ini ada cara baru dan lembut yaitu dengan cara memprogram ulang microcontroler dalam flashdisk. Bagaimana caranya? tidak perlu takut dulu coz gue menyebut istilah memprogram ulang dan microcontroller.

NB: cara ini akan memformat ulang isi flasdisk. Data dalam flashdisk di copy dulu ke komputer.

Ada dua cara, Jika cara A tidak berhasil, coba cara B.

Cara A:
1. Download software untuk reFlash microcontroler flashdisk di sini.

2. Kalo sudah di download lalu di extrax dan buka softwarenya AlcorMP (yang gambar lampu itu lho)

3. Lalu muncul tampilan seperti pada gambar (flashdisk terdetect seri-serinya). Jika yang muncul hanya tulisan error atau tidak muncul tulisan apapun, maka langsung saja lompat ke cara B.

4. Lalu klik Start dan tunggu saja proses reFlashnya (agak lama prosesnya). Setelah selesai maka coba sekarang buka flashdisknya. Tara…! udah bisa di tulis n di format lagi

Cara B:

Kegagalan cara A disebabkan versi AlcorMP tidak cocok dengan versi microcontroller yang ada dalam flashdisk

1. Pertama browsing di internet merk dan tipe seri flasdisk km. Kebetulan flashdisk teman saya ini adalah Transcend JV V85 8 GB. Dan cari informasi mengenai flashdisk itu secara detail seperti ini

Device Type: Standard USB device – USB2.0 High-Speed
Chip Vendor: Alcor
Chip Part-Number: AU9380/9385
Product Vendor: (N/A)
Product Model: Flash Disk

Jika tidak ketemu juga, bongkar isi flashdisk dan lihat dalamnya ada 2 kotak warna hitam, lihat di salah satu kotak yang lebih kecil, ada tulisan seperti ini Alcor-AU9380 atau tulisan yang lainnya.

2. Browsing di internet seri microcontroller yang tertera dalam flashdisk tersebut, maka akan muncul software nya untuk di download.

3. Download software dari hasil browsing tadi. Lalu ikuti perintahnya persis seperti cara A no 2 sampe 4.

Password : kanashibari

0 Komentar:

Posting Komentar