Sabtu, 14 Agustus 2010

Ilmuwan Membuat Sel Sintetik Pertama di Dunia

Jika mencari tahu bagaimana cara cepat mengetahui urutan genom, itu hanyalah langkah kecil pertama di bidang genetika, Craig Venter telah melangkah ke depan dan membuat lompatan raksasa untuk disiplin ilmu ini. J. Craig Venter Institute mengumumkan bahwa mereka telah menciptakan sel sintetik pertama di dunia, dimana kromosom sepenuhnya sintetik yang dihasilkan oleh mesin.

Terobosan di bidang biologi bisa digunakan untuk berbagai aplikasi, karena pada dasarnya membuka pintu untuk rekayasa biologi oleh para ilmuwan di laboratorium. Para peneliti telah merencanakan untuk membuat ganggang direkayasa khusus yang dirancang untuk perangkap karbon dioksida dan mengubahnya menjadi biofuel. Aplikasi lainnya bisa termasuk untuk obat-obatan, pembersihan lingkungan, dan produksi energi.

Meskipun sel bakteri adalah produk akhir dalam percobaan tertentu, ragi eukariotik adalah pemain penting dalam proses tersebut. Venter dan perusahaan mensintesis genom bakteri M. mycoides dengan mengambil strain pendek DNA (mesin kontemporer hanya dapat merakit urutan singkat pada satu waktu) dan memasukkan mereka ke dalam ragi, yang memiliki enzim dengan kemampuan untuk memperbaiki DNA dan menggabungkan strain pendek bersama-sama.

Ragi pertama menghubungkan potongan-potongan pendek (masing-masing lebih dari 1.000 pasang basa) bersama-sama ke dalam alur 10.000 pasang basa yang lebih panjang. Untai yang lebih panjang telah dihapus, terus hingga dikombinasikan dalam sepuluh kelompok dan dimasukkan kembali ke dalam ragi untuk menghubungkan alur 100.000 pasang basa. Setelah tiga putaran ini, tim telah menghasilkan genom lengkap, terdiri dari lebih dari satu juta pasangan basa. Untuk membedakan mereka dengan genom yang dite

0 Komentar:

Posting Komentar