Jumat, 22 Januari 2010

Planet Alternatif Bumi Akhirnya Ditemuakan

planet-gliese-581g   
Bumi yang semakin padat ditambah adanya kemungkinan terburuk yang menyebabkan manusia harus eksodus, membuat para ahli terus berupaya menemukan alternatif tempat tinggal baru selain bumi. Berita terbaru dari sejumlah ahli astronomi dari berbagai institusi mengklaim menemukan planet yang paling layak untuk ditinggali manusia saat ini.

Nama planet tersebut adalah Gliese 581g dan berjarak 195 triliun kilometer dari bumi kita.
“Kalau dilihat kilometernya, jarak itu memang jauh. Tapi, ditilik dari luasnya jagat raya tersebut, jarak itu begitu dekat. Planet itu ada di depan muka kita, persis di sebelah pintu rumah kita,” kata Steven Vogt, salah seorang penemu dari University of California at Santa Cruz (UCSC).

Planet itu bisa ditempuh selama 200 tahun, itupun jika manusia bisa membuat kendaraan yang berkecepatan cahaya. Artinya, kalau besok kita berangkat, bisa jadi yang sampai disana nantinya ialah cicit kita. “Ini adalah planet Goldilocks pertama yang pernah ditemukan,” ujar Jim Kasting, ahli dari Penn State University.
Goldilocks adalah zona antara planet dan bintang pusat tata surya yang tidak begitu dekat tapi juga tidak begitu jauh. Seperti matahari dengan bumi, misalnya. Planet pada zona Goldilocks tidak begitu panas dan tidak begitu dingin (membeku). Hangat seperti bumi. Planet Gliese 581g yang mengitari bintang Gliese 581 juga seperti itu, jarak planet dengan bintangnya pas.

Dengan kondisi yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, sangat mungkin jika pada planet tersebut mengandung air. Berarti juga mengandung atmosfer. “Kemungkinan untuk hidup di planet itu 100 persen,” tambah Vogt tentang temuan baru yang dipublikasikan pada National Science Foundation pada Rabu (29/9) kemarin.

Penemuan alternatif bumi
  • Nama: Planet Gliese 581g, planet nomor enam dalam gugusan planet yang mengitari bintang Gliese 581.
  • Massa: Tiga kali massa bumi.
  • Jarak dari bumi: Sekitar 195 triliun kilometer atau sekitar 200 tahun cahaya.
  • Jarak planet dengan pusat bintangnya: 22,5 juta kilometer (jarak bumi dengan matahari adalah 149 juta kilometer)
  • Perkiraan suhu atmosfer planet: -4 (minus 4) sampai dengan 71 derajat Celcius.
  • Masa revolusi planet: 37 hari (masa revolusi bumi adalah 365 hari atau satu tahun)

0 Komentar:

Posting Komentar